Beranda Berita Kadinkes Kota Metro Hadiri Kegiatan Pelatihan Scaling up WASH in HCF

Kadinkes Kota Metro Hadiri Kegiatan Pelatihan Scaling up WASH in HCF

3 views
0

Metro, Cyberkatulistiwa.com – Kepala Dinas Kesehatan Kota Metro, drg.Erla Andrianti mengapresiasi YKWS Lampung menyelenggarakan kegiatan pelatihan Scaling Up Wash In HCF. Dimana YKWS sangat konsen pada program Wash In HCF di Kota Metro.

Hal tersebut disampaikan Erla saat memberikan sambutan pada kegiatan Pelatihan Scaling Up (Peningkatan Kemampuan) Wash In HCF bagi 7 Puskesmas Kota Metro yang berlangsung selama 3 (tiga) hari dimulai tanggal 21 sampai dengan 23 september 2022 bertempat di Hotel Aidea Grande 15 Kauman Kecamatan Metro, Rabu (21/09/2022).

Dikatakan Erla Andrianti, Pemerintah Kota Metro melalui Dinas Kesehatan akan mendukung program Wash In HCF untuk seluruh Puskesmas di Metro.

Sehingga tahun 2023 seluruh Puskesmas di Metro sudah terpapar WASH dan melaksanakan program peningkatan layanan air, sanitasi dan kebersihan tersebut di Puskesmas,” kata Erla sekaligus membuka Kegiatan Scaling Up Wash In HCF.

Masih disampaikan Erla, Menurutnya untuk anggaran tahun 2023 dinas kesehatan akan menambah anggaran operasional yg bisa digunakan untuk pelaksanaan program WASH tersebut.

Kami berharap kepada kapus dan sanitarian yang mengikuti pelatihan ini, dapat mengikuti dengan serius, sebab setelah ikut kegiatan ini kami akan memantau secara langsung untuk ditindaklanjuti,” tegas Erla.

Selain itu, Erla juga menyampaikan kebijakan Wali Kota Metro yang sangat mendukung program Wash In HCF.

Wali Kota sangat mendukung program Wash In HCF, sebab program ini mendukung pencapaian pencapaian visi misi Wali Kota Metro tahun 2020 – 2025, khususnya misi kedua yakni Mewujudkan Masyarakat sehat jasmani, rohani & sosial,” tutur Erla.

Sementara itu, Fasilitator Program Wash In HCF Metro, Ahmad Haryono menjelaskan kegiatan Scaling Up tersebut diikuti oleh 34 peserta dari 7 Puskesmas yang belum menerima Program Wash In HCF dari YKWS serta dihadiri 2 orang observer dari UM Metro.

Diharapkan keterlibatan perguruan tinggi mampu mendorong masyarakat peduli terhadap Puskesmas, bahkan kelak bisa terlibat menjadi anggota Pokja WASH,” papar Ahmad Haryono.

Ditempat yang sama, Bambang Pujiatmoko, pendiri YKWS dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada 7 puskesmas di Metro tentang WASH in HCF.

Program WASH in HCF akan berakhir secara total akhir september besok. Selama 1,5 tahun YKWS mengintervensi 4 puskesmas di Metro dan 5 puskesmas di Bandar Lampung.

Pelaksanaan program WASH in HCF di Metro mengalami pencapaian hasil yg luar biasa. Respon Pimpinan Daerah dan masyarakat sangat baik. Maka terinspirasi dari hal inilah kegiatan pelatihan untuk 7 puskesmas ini dilaksanakan,” jelasnya.

Disampaikan Bambang, YKWS yakin kedepan program ini akan ditindaklanjuti oleh Pemerintah melalui Dinas Kesehatan Kota Metro.

Alangkah bangganya jika seluruh Puskesmas di kota Metro bisa melaksanakan program peningkatan layanan fasilitas air, sanitasi dan kebersihan di Puskesmas. Sebab belum ada di Indonesia yg melaksanakan program Wash In HCF ini,” terang Bambang.

Menurut Bambang, meskipun YKWS telah mengakhiri programnya, akan tetapi secara moral ykws masih berkewajiban untuk membantu mengembangkan program ini kedepan,” tutupnya. (*).

Comment