Beranda Berita CCTV Milik TPI Rekam Puluhan Pembuang Sampah Diperbatasan

CCTV Milik TPI Rekam Puluhan Pembuang Sampah Diperbatasan

78 views
0

METRO, Cyberkatulistiwa.com – Teka-teki tumpukan sampah di kawasan gapura perbatasan antara Kelurahan Banjarsari, Kecamatan Metro Utara dengan Kecamatan Punggur, Kabupaten Lampung Tengah akhirnya terjawab. Puluhan orang yang membuang sampahnya di kawasan tersebut terekam Closed Circuit Television (CCTV) milik Trader Peduli Indonesia (TPI) Kota Metro dan terancam diviralkan.

Seperti dari data yang dihimpun dan di lansir oleh media Kupastuntas.co, CCTV milik TPI tersebut terpasang tepat disisi kanan gapura sejak pertengahan tahun 2021. CCTV itu merekam ratusan kali praktik buang sampah dikawasan perbatasan, ironisnya praktik buang sampah tersebut hanya dilakukan oleh puluhan orang saja.

Ketua DPP TPI, Dicky Kusuma Wardhana mengungkapkan, dirilisnya dokumen rekaman CCTV yang menggambarkan perilaku buang sampah oleh puluhan orang tak bertanggungjawab tersebut dilakukan atas permintaan masyarakat.

“Jadi sebelumnya telah viral pemberitaan dimedia massa terkait dengan tumpukan sampah di kawasan perbatasan Metro. Dari situ, banyak sekali masukan dari masyarakat yang meminta TPI untuk membongkar rekaman CCTV, sehingga karena kebetulan hari ini saya ditanya oleh teman-teman wartawan maka ini kami sampaikan ke publik,” kata dia saat dikonfirmasi Kupastuntas.co, Jumat (19/11/2021).

Pria yang merupakan warga Metro Utara itu juga mengungkapkan, tumpukan sampah yang berserakan di kawasan perbatasan merupakan milik puluhan orang saja. Para pembuang sampah tersebut rata-rata melancarkan aksinya pada pagi hari.

“Jadi CCTV yang kami pasang sejak bulan Juni itu merekam ratusan kali orang buang sampahnya disana, tapi setelah kami teliti pelakunya orang-orang yang sama dan jumlahnya tidak banyak kurang dari 30 orang. Kemudian orang-orang ini membuang sampahnya itu rata-rata pagi hari, jadi sambil bawa motor maupun mobil mereka lemparkan begitu saja,” terangnya.

Berdasarkan rekaman video, para pelaku buang sampah tersebut berkendara dari arah Lampung Tengah menuju Kota Metro dan melemparkan sampah yang dibawanya ke kawasan perbatasan.

“Dari rekaman CCTV, sampah-sampah itu dibuang oleh orang dari arah Punggur menuju ke Metro. Tapi ada juga yang asalnya dari arah Metro sendiri, dia pakai motor kemudian muter di ujung jalur dua kemudian lempar sampahnya disana,” ungkap Dicky.

Guna menindaklanjuti permintaan masyarakat untuk memviralkan para pelaku buang sampah sembarangan tersebut, TPI berencana menyerahkan seluruh dokumen rekaman CCTV ke Pemkot Metro.

“Jadi kami berkomitmen untuk membantu pemerintah Kota Metro dalam upaya menggapai Adipura, salah satu caranya ialah dengan menjaga kebersihan lingkungan. Maka kami berencana untuk menyerahkan semua data rekaman CCTV yang kami miliki berikut dengan data para pelakunya ke Pemkot Metro,” ucapnya.

Dicky berharap, Walikota Metro Wahdi dapat menindaklanjuti dan menghadirkan solusi jitu dalam menangani persoalan sampah dikawasan perbatasan.

“Kami berharap Pemkot Metro melalui Dinas Lingkungan Hidup maupun Satpol-PP dapat menindaklanjutinya sehingga menimbulkan efek jera, dan orang-orang akan berpikir berulang kali untuk membuang sampahnya sembarangan di Kota ini,” tandasnya.

Diketahui, TPI Kota Metro sejak Juni 2021 lalu telah memasang dua kamera pengawas atau Closed Circuit Television (CCTV) di dua titik rawan buang sampah yang terdapat disepanjang jalan Pattimura. (*).

Comment