Beranda Berita Program Jamou TB Menuju Eliminasi TBC 2030

Program Jamou TB Menuju Eliminasi TBC 2030

18 views
0

Metro, Cyberkatulistiwa.com Dinas kesehatan Kota Metro menggelar peringatan hari tuberkolosis (TBC) sedunia di lapangan Muhammadiyah Ahmad Dahlan Metro dengan tema Ayo Bersama Akhiri TBC, Indonesia Bisa, Jum’at (26/5/2023).

Kepala Dinas kesehatan Kota Metro Eko Hendro Saputra mengatakan, Capaian penemuan dan Pengobatan Kasus TBC Kota Metro Tahun 2022 baru mencapai 48,52%.

“Pada peringatan hari Tuberkulosis sedunia ini merupakan momentum mengajak keterlibatan multi sector Peran serta semua pihak, stakeholder, media dan pihak swasta, serta komunitas untuk menyebarluaskan Informasi tentang TBC,” ujarnya.

Ia menuturkan, hal tersebut dapat mendorong semua pihak untuk terlibat aktif dalam melaksanakan penanggulangan, dan mendukung Inovasi Program TBC Dinas Kesehatan Kota Metro.

“Yaitu JAMOU TB (Jaring Aktif, Mobilisasi, Tuntaskan Tuberkulosis) menuju Eliminasi TBC Tahun 2030,” jelasnya.

Eko menyampaikan, rangkaian kegiatan hari Tuberkulosis Sedunia tahun 2023 di awali dengan Kegiatan Bulan Sosialisasi dan Screening TBC.

“Penyuluhan TB Anak dilakukan Secara Serentak di Fasilitas Pelayanan Kesehatan di Kota Metro Tanggal 24 Maret 2023. Yang terdiri dari Edukasi dan Screening TBC di lakukan di Pondok Pesantren, Sekolah, Pasar, Perkantoran di Kota Metro pada bulan Maret-Mei tahun 2023, dan Intensifikasi Penemuan Kasus TBC di Fasilitas Pelayanan Kesehatan,” terangnya.

Sekretaris Daerah (sekda) Kota Metro Bangkit Haryo Utomo menjelaskan, di Indonesia tertinggi ke-2 kasus TBC.

“Ayo kita sama-sama membereskan masalah TBC di Kota Metro dengan menjaga kebersihan rumah, cara batuk yang benar,” katanya.

Menurut Bangkit penularan penyakit terbesar TBC melalui batuk.

“Kalau pas kita tidak sehat bisa langsung menyerang kita, tapi kalau kondisi kita sehat insyaallah kekebalan tubuh kita bisa mencegah itu,” pungkasnya.(*).

Comment