Beranda Berita Wali Kota Metro Hadiri Seminar Pembumian Pancasila dan Revolusi Mental

Wali Kota Metro Hadiri Seminar Pembumian Pancasila dan Revolusi Mental

5 views
0

Metro, Cyberkatulistiwa.com – Wali Kota Metro Wahdi membuka Seminar Pembumian Pancasila, revolusi mental ASN dan Tokoh Masyarakat di Pemerintahan Kota Metro, berlangsung di Aula Pemkot Metro, Kamis (02/03/2023).

Acara seminar yang dihadiri oleh Prof. Dr. Ermaya Suradinata, SH, MH, MS  sebagai narasumber  dari Guru Besar Institut Pemerintahan Dalam Negeri, diikuti oleh 22 Kepala OPD, 5 Camat dan 22 Kelurahan.

Guru Besar Institut Pemerintahan Prof. Dr. Ermaya Suradinata, SH.,MH.,MS menuturkan bahwa keinginan Wali Kota Metro adalah Kota Metro menjadi Kota unggul di Indonesia. Membangun sebuah Kota dapat dimulai dari jabatan saat ini, karena pemikiran yang besar dimulai dari yang kecil dan cepat seiring dengan perubahan.

Dimana untuk memikat nilai-nilai pancasila dan wawasan kebangsaan dengan evolusi kita akan dapat bangun Kota Metro ini menjadi kota yang hebat. Pancasila juga mempunyai fungsi dalam kehidupan bernegara, sebagai dasar negara dalam kehidupan kebangsaan, ideologi negara, falsafah yang merupakan dasar dalam berfikir, pedoman hidup dan pandangan hidup,” ujarnya.

Lebih lanjut Guru Besar Institut Pemerintahan tersebut, Dalam paparannya, mengungkapkan bahwa sebagai seorang pegawai ASN harus memiliki ability atau kemampuan, karena dengan adanya ability akan mampu untuk berfikir dan mampu dalam bekerja, serta menanamkan Pancasila di mulai dari diri sendiri.

Kita sebagai pegawai ASN harus dapat menghormati perbedaan karakter yang ada, salah satunya dengan tidak menganggap bahwa kita lebih pintar dari orang lain tanpa belajar. Untuk itu, Kota Metro harus mempunyai motivasi untuk membangun kota ini dengan exceler, bukan hanya motivasi biasa, tetapi motivasi yang luar biasa exceler,” jelasnya.

Sementara itu, Wali Kota Metro Wahdi, ditempat yang sama, ia menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan seminar untuk revolusi mental dan menegakkan pengabdian kepada bangsa dan negara, sehingga bisa menetapkan dasar-dasar pancasila di hati sanubari sebagai pelayan masyarakat.

Semoga acara ini bisa memberikan ilmu, sehingga dapat membangun karakter anak-anak bangsa dan mengelola metodologi daerah yang ada. Diharapkan seluruh peserta yang hadir baik Kepala OPD, Camat dan Lurah untuk mempunyai sebuah motivasi memberikan pelayanan terbaik, khususnya untuk masyarakat,” pungkas Wahdi. (Adventorial/ADV).

Comment