Beranda Berita PWI Kota Metro Tertarik Program Kerja PWI Provinsi Jawa Barat

PWI Kota Metro Tertarik Program Kerja PWI Provinsi Jawa Barat

17 views
0

BANDUNG, Cyberkatulistiwa.com – PWI Provinsi Jawa Barat menerima kunjungan PWI Kota Metro, Lampung di Sekretariat PWI Provinsi Jawa Barat, Jln. Wartawan, Bandung, Jumat (24/2).

Rombongan PWI Metro yang berjumlah 30 orang, dipimpin ketuanya, Rino Panduwinta. Rombongan diterima Pengurus PWI Provinsi Jawa Barat antara lain Sekretaris Tantan Sulthon Bukhawan, Wakil Sekretaris Wawan Ruswana, Bendahara Ati Suprihatin, Wakil Ketua Bidang Organisasi, Korwil Bandung Raya Imam M., Korwil Priangan Nirwan Indra, Seksi Wartawan Advokasi Yayat Tahyan S., Seksi Wartawan Seni Budaya Eep Nandang R.

Rino mengungkapkan, tujuan kunjungan ke PWI Provinsi Jawa Barat untuk sharing pengalaman guna memajukan organisasi PWI. “Dari kunjungan ini, kami berharap ada program kerja PWI Provinsi Jawa Barat yang bisa kami aplikasikan di PWI Metro,” ujarnya.

Saat ini PWI Kota Metro memiliki 51 anggota dan 47 orang diantaranya sudah mengantongi sertifikat Uji Kompetensi Wartawan (UKW). “Sisanya yang belum bersertifikat UKW karena baru menjadi anggota,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris PWI Provinsi Jawa Barat, Tantan Sulthon Bukhawan memaparkan kegiatam program kerja yang sedang dan akan digarap PWI Provinsi Jawa Barat. Diantara kegiatan yang sedang digarap adalah Peringatan HPN Tahun 2023 Tingkat Jawa Barat di Kab. Karawang pada bulan April 2023. Sedangkan program yang sedang digarap adalah, Road Show UKW untuk 1.000 wartawan.

Sedangkan program kerja jangka panjang adalah, melanjutkan kerja sama dengan perguruan tinggi sebagai lembaga penerbit Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI), Orientasi Kewartawan dan Keorganisasian (OKK), merealisasikan perumahan bagi wartawan, serta menghidupkan koperasi wartawan.

“Untuk sekarang, kami sedang fokus mempersiapkan peringatan HPN dan melaksanakan UKW 1.000 wartawan,” kata Tantan.

Peringatan HPN tingkat Jawa Barat, lanjut Tantan, dilaksanakan secara bergilir di PWI Kota/Kabupaten. “Sudah tiga tahun kami melakukan open bidding bagi PWI Kota/Kabupaten untuk menjadi tuan rumah peringatan PWI Jawa Barat,” cetusnya.

Tahun 2022 tuan rumah peringatan HPN adalah PWI Kabupaten Bandung. “Hasil open bidding tahun lalu (2022), tuan rumah HPN tahun ini di Kabupaten Karawang,” katanya.

Paparan pengurus PWI Provinsi Jawa Barat menarik perhatian pengurus PWI Metro yang berharap dapat mengaplikasikan kegiatan dan program PWI Provinsi Jawa Barat. “Kami tertarik dengan program kerja sama dengan perguruan tinggil dalam hal mengeluarkan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) dalam kaitannya dengan program Kampus Merdeka Kemendikbudsistek,” ujarnya.

Program lain yang menarik adalah, perumahan bagi wartawan serta UKW gratis bagi 1.000 wartawan yang membuahkan penghargaan dari PWI Pusat bagi PWI Provinsi Jawa Barat.(*).

Comment