Beranda Nasional Lima Tahun Mendatang Pendapatan Petani Ponorogo Harus Meningkat

Lima Tahun Mendatang Pendapatan Petani Ponorogo Harus Meningkat

10 views
0

Ponorogo, Cyberkatulistiwa.com – Memenuhi undangan Komunitas Masyarakat Petani Kreatif (Kompek) di Kelurahan Purbosuman, Kecamatan Kota, Kabupaten Ponorogo, kemarin, Calon Bupati (Cabup) Ipong Muchlissoni menyampaikan bahwa pihaknya harus berterimakasih kepada para pejuang pertanian. “Seperti pak Sanikun, ketua-ketua Gapoktan, dan seluruh petani yang tidak pernah lelah bekerja mengurus pertanian di Ponorogo,” ungkap Ipong Muchlissoni.

Lebih lanjut Ipong menjelaskan bahwa 5 tahun mendatang, pertanian masih akan dia tempatkan sebagai sektor terdepan dalam pembangunan Kabupaten Ponorogo. “Produksi pertanian sudah cukup bagus. Ke depan, kita akan fokus untuk mencarikan pusat industri yang bisa menyerap hasil produksi pertanian kita. Ini supaya para petani kita tidak seutuhnya hanya menjual produk pertanian mentah,” imbuhnya.

Selain itu, Ipong Muchlissoni memaparkan adanya industri pendukung yang modern, petani sebagai penyuplai produk mentah bisa mendapat keuntungan yang lebih besar, dan mengurangi limbah produk yang tidak terpakai. “Lima tahun mendatang, program Ipong-Bambang adalah modernisasi diversifikasi hasil pertanian, agar supaya para petani pendapatannya meningkat,” jelasnya.

Dia juga memaparkan bahwa Ipong-Bambang juga akan meningkatkan jaringan usaha tani, menjamin ketersediaan pupuk, dan bantuan alat produksi pertanian. “Kompek sesuai nama komunitas ini memang harus kreatif, tidak hanya agar lebih maju produksi pertaniannya, tapi juga lebih maju penjualannya dan keragaman/diversivikasi produk pertaniannya. Dengan kreativitas itu insyaAllah juga berpotensi meningkatkan kesejahteraan petani nantinya,” tambahnya.

Suami dari Anggota DPR RI Fraksi Partai Nasdem Dapil Jatim 7, Sri Wahyuni ini menyampaikan bahwa acara tersebut cukup istimewa bagi dirinya. “Karena bisa berkumpul dengan berbagai kelompok/komunitas petani dalam satu kesempatan,” bebernya.

Pihaknya juga berterimakasih karena telah dibacakan macapat Kidung Sarira Ayu. “Setelah saya simak isinya mendoakan saya agar terhindar dari segala macam marabahaya,” tambahnya.

Ipong juga menjelaskan dengan kemenangan nanti, semua pihak bersama-sama memastikan agar pembangunan di berbagai bidang mulai dari pertanian, kebudayaan, pendidikan, dan lain sebagainya bisa terus berlanjut. “Dan menuju yang lebih baik lagi,” jelasnya. (mnc).

Comment