Beranda Daerah Lampung Barat Pemkab Lampung Barat Percepat Pengembangan Kawasan Geopark Nasional

Pemkab Lampung Barat Percepat Pengembangan Kawasan Geopark Nasional

49 views
0

LAM-BAR, Cyberkatulistiwa.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Barat (Lambar) melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Lambar tengah  mengkaji Suoh menjadi kawasan Geopark Nasional. Hal tersebut menindaklanjuti perintah Bupati Lampung Barat, Parosil Mabsus di acara acara Coffee Morning di Aula Keagungan Setdakab. Lambar.

“Tadi siang kita sudah menggelar rapat dengan tim kecil di Balitbang guna mempercepat proses pengembangan Kawasan Geopark di Lambar. Dan secepatnya akan berkordinasi dengan Balai Taman Nasional Bukit Barisan Selatan dan pihak terkait lainnya. Juga sesegera mungkin membentuk Tim Percepatan Geopark Lambar” ujar Noviardi Kuswan, Kepala Balitbang Lambar, Senin (03/02/2020).

Menurut Noviardi, konsep geopark sendiri mengacu pada pengembangan kawasan yang memberikan pengaruh terhadap konservasi, edukasi, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Berdasarkan data Komite Nasional Geopark Indonesia (KNGI), Kaldera Suoh, Lembah Suoh dan Kaldera Danau Ranau merupakan potensial Geoheritage di Provinsi Lampung.

“Pengembangan Kawasan Geopark sudah diatur dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2019 dan tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2020-2024. Pemkab Lambar juga menuangkan hal tersebut dalam dokumen RPJMD Lambar 2017-2022dan dokumen Riview RTRW Lambar. Jadi kita optimis Lambar bisa menjadi Kawasan Geopark” tambahnya

Rapat Tim kecil Pengembangan Kawasan Geopark Lampung Barat siang tadi di Kantor Balitbang dihadiri oleh Kepala Bappeda Lambar, Kepala Dinas Pariwisata, Kabag Sumberdaya Alam dan jajaran Tenaga Ahli Balitbang Lambar. (red/bibie).

Comment